Saturday, June 10, 2017

BASI! Local Guide (Google Maps) Summit 2017

Assalamualaikum wr wb
Good Pagi wanKawan,


Sebenarnya tulisan ini sudah sejak lama ingin diposting, sudah hampir dua bulan lebih; kira-kira awal April. Tapi dikarenakan belum mendapatkan feel yang UUUHHH, jadi telat dua bulan deh. #upsss. Well, back to point!

Kawan, familiar dengan Local Guide Google Maps kah?
Ini adalah salah satu program yang dibuat oleh Google, dikhususkan untuk para pengguna Google Maps. Local Guide ini dibagi menjadi 10 Level (Level 1 hingga Level 10); setiap level kamu akan memperoleh bedge (lencana) dengan gambar yang berbeda setiap levelnya. Penilaian level tersebut berdasarkan poin yang diraih. Lantas, bagaimana meraih poin-poin untuk naik level?

1. Menulis review
2. Rating tempat
3. Review dengan menggunakan photo
4. Menjawab pertanyaan yang diajukan oleh Google Maps mengenai tempat yang pernah dikunjungi
5. Menambahkan tempat
6.  Edit tempat
7. Membenarkan fakta

Berdasarkan tujuh kegiatan yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan poin tersebut, kegiatan nomor 1 dan 2 adalah kegiatan yang paling mudah. Biasanya, kebanyakan review awal para Local Guide ketika baru-baru menjajal hal ini, review-nya simpel banget; bisa dikatakan hemat kata-kata. Biasanya review yang diberikan: nice, good, delicious, amazing, recommended, atau mungkin dalam bahasa yang lainnya WAW, WOW, WEW, KEREN; ya gitu-gitu doang, termasuklah aku salah satunya #hehehe. Tapi, ketika sudah naik level terkadang gengsinya naik, mencoba membuat kalimat yang benar-benar membantu para pengguna Google Maps. Nah, hal seperti inilah yang sangat dibutuhkan.

Kawan, review-mu ini sebenarnya juga bisa menjadi ladang amal, jika review yang dibuat benar-benar membantu. Secara, aku merupakan salah satu pengguna Google Maps, bahkan bisa dikatakan Google Maps Addict. Ketika aku berada di tempat yang baru dan aku benar-benar buta dengan daerah tersebut, Google Maps lah yang membantu. Serius, banyak sekali pengalamanku selama menggunakan Google Maps, and I really need this app to help me find some place. Is that true? Yes, really. Percaya atau tidak silahkan buktikan sendiri.

Bagaimana, cukup mudah kan? Bagi kamu yang aktif menggunakan Google Maps dan aktif berpergian sangat mudah untuk meraihnya.

Berikut jumlah poin yang harus kamu raih untuk naik level disetiap levelnya:

Lantas, apa fungsinya ketika kita sudah meraih Level 5?
Kawan, sejatinya dibalik semua ini adalah suatu kompetisi untuk bisa ikut ke dalam Local Guide Summit. Dengar-dengar ceritanya sih Local Guide Summit ini akan diadakan setiap tahun. Dan ini merupakan acara yang kedua kalinya, setelah sukses melaksanakan Local Guide Summit pertama yang diadakan pada tahun 2016, tanggal 12-14 September. Dihadiri oleh 75 orang Local Guide yang mewakili 37 negara. Jika kamu terpilih maka kamu akan diundang ikut menghadiri selebrasi yang diadakan oleh Google, tentunya harus memenuhi beberapa syarat. Dan bagian yang terpenting adalah GRATIS (FREE)! Bapak Harly Umboh merupakan salah seorang yang terpilih mewakili Indonesia dalam Local Guide Summit 2016 (tahun lalu).

Terus, bagaimana dengan Local Guide Summit 2017?
Local Guide Summit 2017 akan diadakan pada 10-12 Oktober 2017, di San Francisco. Selebrasi ini akan dihadiri oleh 150 orang; dua kali lipat kuotanya dari acara pertama (2016). Selebrasi para superstar setiap Negara yang terpilih ini merupakan Local Guide level 5 yang aktif dan tentunya telah submit application yang termasuk salahsatunya adalah sebuah video yang berdurasi 1-menit.

Wah, bagaimana cara ikutan event-nya nih?
Cukup mudah, kamu hanya perlu melengkapi beberapa persyaratan yang dibuat oleh Google. Persyaratannya dapat kamu akses di https://maps.google.com/localguides/event/summit . Pastinya kamu harus berada pada Level 5 dengan beberapa kriteria yang dapat kamu lihat di halaman web tersebut, dan syarat mutlaknya adalah harus bisa minimal komunikasi in English.

Deadline event-nya kapan bro?
Kawan, sudah buka alamat websitenya kah? Kalau belum, buka dulu deh!!! Baru lanjut baca. Masih ngeyel? Yaudah aku kasih tau dah…
Local Guide Summit 2017 ini dibuka pada 3 April dan ditutup pada tanggal 24 April. D*mn!!! Sudah tutup kali!!! BASI!!! Yes, itu benar! Sesuai dengan judul kan?

‘Terus ngapain ente buat artikel ini bro?’


Slow down! Maksudku membuat artikel ini, ya sekedar mau sharing aja buat kamu yang belum tahu. Sekaligus mempersiapkan diri untuk ikut Local Guide Summit berikutnya. Karena selain harus berada pada Level 5, kamu juga harus aktif dalam komunitas tersebut, ikut memoderatori, atau pernah menjadi host meet up di tempatmu. Semua itu butuh proses dan waktu bro. Tak bisa dalam waktu singkat.

Nah, bagi kamu yang berminat, ayo persiapkan pelan-pelan dari sekarang. Selow aja! Iseng-iseng berhadiah! Jika kamu diundang dalam selebrasi berikutnya, itu adalah bonus. Paling tidak, selama proses kamu menjadi moderator atau host kamu telah membantu banyak orang yang khususnya pengguna Google Maps. Secara tidak langsung, sebenarnya kamu juga membantu Google untuk meningkatkan kualitas Google Maps dengan tingkat akurasi yang dapat dipercaya melalui review para Local Guide. Hitung-hitung ini amal jariah lah… J

Berminat mengikuti LGSummit berikutnya?

Ayo persiapkan dari sekarang!



#NulisRandom

#NulisRandom2017


Baca juga: