27 Tips Liburan Bersama Anak-anak

Happy Holiday wanKawan,

Wah sebentar lagi sudah saatnya liburan ni...
Libur telah tiba... Libur telah tiba...
Mau kemana kita?

Salah satu hal yang ditunggu saat liburan adalah, berlibur bersama keluarga. Nah bagi kamu yang sudah mempunyai buah hati, saatnya kita liburan bersama dengan keluarga kecil kita. Terkadang jika kamu belum terbiasa liburan dengan anak kecil atau ini merupakan kali pertama kamu berlibur dengan anak-anakmu, maka kamu perlu mengetahui tips-tips hal terkait agar liburanmu bisa menjadi sangat berkesan. Berikut 27 tips liburan bersama anak-anak:





1.      Pelan-pelan saja! Jangan terburu-buru!
Jangan samakan kemampuan dirimu dengan anakmu! Bagi seorang anak-anak, menikmati setiap moment dengan tidak terburu-buru adalah penting. Yang penting senang-senang! Tak penting itu dimanapun ataupun seberapa penting tempat itu, yang paling penting bisa bersenang-senang adalah suatu hal yang paling dibutuhkan. Buatlah rencana untuk berhenti lebih lama di tempat istirahat, saat makan siang atau hanya rehat menikmati waktu. Misalnya saat berpergian menggunakan pesawat, saat pesawat mendarat, jangan terburu-buru turun dari pesawat. Kemudian santai sejenak di bandara, nikmati waktu dan pemandangan sekitar sambil bercanda ria.

2.      Jelaskan gambaran mengenai perjalanan yang akan dilakukan
Ketika berlibur dengan anak-anakmu, janganlah menjadi diktator! Semua harus sesuai rencanamu. Liburan itu adalah milik bersama. Cobalah ceritakan sedikit gambaran mengenai perjalanan atau liburan yang akan kalian lakukan. Seorang anak pasti mempunyai suatu keinginan ketika berlibur.

3.      Jadilah lebih fleksibel
Jangan terlalu kaku, dan saklek harus sesuai dengan rencana yang kamu buat. Cobalah berimprovisasi sesuai dengan suasana yang terjadi. Misalkan, ketika saat dalam perjalanan anakmu terlihat sudah mulai terlihat letih, jangan paksakan untuk meneruskan perjalanan! Istirahatlah sejenak! Cobalah saling menghibur dan sambil bersenda gurau.

4.      Bijak saat packing perlengkapan
Sebenarnya tips ini tidak hanya diperuntukkan ketika kamu sedang berpergian dengan anak-anakmu saja. Ketika berpergian sendiri pun begitu juga demikian. Namun, ketika berpergian dengan anak-anakmu, cobalah prioritaskan perlengkapan anak-anakmu terlebih dahulu. Letakkan perlengkapan anak-anakmu pada posisi yang mudah dijangkau.

5.      Cari informasi mengenai Hotel yang cocok untuk keluarga
Banyak pilihan hotel yang bisa kamu sewa. Tapi cobalah dari informasi selengkap mungkin mengenai hotel tersebut. Hotel yang cocok untuk liburan bersama keluarga. Carilah lokasi hotel yang ramah untuk anak-anak, dan aman. Jika memungkinkan carilah hotel yang dekat dengan lokasi wisata, agar bisa mempermudah kamu dalam menjangkaunya dan menghemat uang (transport).
Tinggallah lebih dari satu malam. Beberapa hotel menawarkan harga spesial ketika kita sewa lebih dari satu malam. Tanyakan mengenai paketan keluarga atau diskon, misalnya gratis makan untuk anak-anak, kolam renang anak dan area bermain anak.
Jika hotel tersebut terdiri dari beberapa lantai dan kamarmu berada pada lantai atas. Maka, pastikan bahwa hotel tersebut mempunyai lift. Hal tersebut pasti akan mempermudahkan-mu.
Pastikan TV channel yang ada dalam ruanganmu bisa mengkavoer beberapa channel anak-anak. Karena terkadang ketika kita butuh untuk beres-beres kamar atau sejenisnya, menonton TV kesukaan anakmu akan menjadi peralihan yang sangat berguna.
Jika kamu berlibur dalam waktu yang cukup lama. Cobalah tanyakan fasilitas laundry, karena hal ini pasti akan sangat dibutuhkan untuk menghemat waktumu dan juga menjaga kesehatan tubuhmu.

6.      Bandingkan semua fasilitas yang didapat pada tempat peristirahatanmu (hotel/penginapan)
Selalu bandingkan fasilitas yang didapat dari tempat peristirahatanmu. Carilah tempat yang menguntungkanmu, murah dan menawarkan banyak fasilitas, terutama untuk anak-anakmu. Seperti yang dijelaskan pada poin lima.
7.      Bandingkan jika memilih sewa apartment/kost
Jika kamu berlibur dengan minim budget. Maka bandingkanlah harga sewa hotel dengan harga sewa apartement atau kost. Biasanya apartement atau kost menawarkan harga yang relative lebih murah dan fasilitas layaknya rumahan.

8.      Lakukan test kecil dengan anakmu sebelum melakukan perjalanan
Jika ini merupakan liburan pertamamu dengan anak-anak. Maka, cobalah lakukan test atau latihan kecil sebelum berlibur yang sesungguhnya. Terutama liburan untuk jarak yang jauh dan waktu yang lama. Cobalah berlibur saat weekend ke kebun binatang, kebun satwa, atau taman, karena dari sana kamu akan bisa menilai fisik dan sikap anakmu nanti ketika berlibur. Paling tidak, kamu mempunyai gambaran hal-hal yang perlu kamu lakukan dan yang tak perlu kamu lakukan.

9.      Atur pengeluaran
Liburan itu tak akan jauh dengan seberapa banyak uang yang akan dikeluarkan. Bijaklah dalam mengelola pengeluaran. Ketika kamu memilih wahana wisata yang berbayar, cobalah pikirkan harga dengan apa yang didapat. Karena yang dicari saat berlibur adalah moment-mement penting yang bisa diingat sepanjang waktu. Pilihlah wahana yang bisa menjadi moment paling bisa diingat sepanjang waktu.

10.  Rancang waktu untuk sendiri dan bersama-sama
Berlibur bersama-sama, tak berarti harus selalu bersama. Aturlah waktu untuk menikmati waktu sendiri dan waktu untuk bersama-sama. Begitu pun juga dengan anak-anakmu, biarkan mereka asik dengan dunia mereka. Jangan terlalu diatur, dan dikekang dengan setumpuk jadwal yang kamu atur.

11.  Bawa peralatan bermain yang bisa menyamankan anakmu
Anak-anak mempunyai dunia sendiri. Terkadang ketika anak-anak letih, mereka membutuhkan mainan yang bisa membuat dia nyaman. Atau ketika dia sedang rewel, cobalah sodorkan mainan kesukaannya untuk menenangkannya. Bawalah mainan, mobil-mobilan, game box, boneka, peralatan mewarnai dan sejenisnya.

12.  Abadikan perjalanan keluarga anda dalam foto
Salah satu aspek terpenting ketika liburan adalah mengabadikan moment tersebut agar bisa diingat dikemudian hari. Cobalah abadikan moment-moment penting saat liburan sebagai bahan cerita dikemudian hari.

13.  Atur pengeluaran makan keluarga
Salah satu pengeluaran terbesar saat liburan adalah makan-makan. Aturlah pengeluaran untuk makan keluargamu. Carilah paket hemat dan sehat agar pengeluaran tidak terlalu membengkak.

14.  Bawa makanan sendiri/bawa bekal
Jika liburan yang akan kamu lakukan adalah liburan yang press budgeting (dana yang pas-pasan). Salah satu cara untuk menghemat adalah dengan membawa makanan sendiri atau membawa bekal. Selain bisa menghemat pengeluaranmu, makanan yang kamu bawa pun bisa lebih dipercaya kesehatannya, karena kamu sendirilah yang mengelola makanan tersebut.

15.  Lakukan hal-hal yang gratis
Tak semua hal gratisan itu membosankan dan tak menarik. Bagi anak-anak, baik itu kegiatan yang berbayar ataupun yang gratisan tidaklah penting. Yang paling penting adalah senang-senang dan bebas. Banyak hal gratis yang bermanfaat dan lumayan asik untuk dilakukan, misalkan berjalan-jalan di taman kota, mendaki bukit, menikmati sunset ataupun sunrise di pantai atau bukit, dan masih banyak hal lainnya.

16.  Perencanaan yang matang
Melakukan liburan dengan anak-anak kadang susah-susah gampang. Tapi yang jelas harus dibawa santai dan dinikmati saja. Perencanaan yang matang disini dimaksudkan adalah tujuan tempat yang akan dituju. Karena kamulah sebagai orang tua yang memimpin liburan ini.

17.  Kunjungi dokter sebelum berpergian/check up
Jika kamu akan melakukan liburan dalam waktu yang lama dan juga jarak yang jauh, alangkah baiknya, periksakan kondisi tubuhmu agar liburanmu bisa kamu nikmati maksimal. Terutama bagi yang mempunyai riwayat penyakit khusus. Lakukanlah konsultasi sebelum berpergian.

18.  Bawalah peralatan yang berguna
Ketika kamu berpergian dengan anak-anakmu, cobalah pikirkan beberapa peralatan yang juga bisa membantumu ketika sedang berpergian dengan mereka. Misalnya membawa tas  yang bisa juga dijadikan gendongan, ketika mereka terlihat letih, maka kamu bisa menggendong anakmu dengan mudah. Tanpa terlihat ribet.

19.  Istirahat dalam kendaraan saat perjalanan
Ketika kamu berlibur jarak jauh menggunakan transportasi umum seperti kereta, bus, ataupun pesawat pada malam hari. Cobalah untuk istirahat senyaman mungkin, untuk efisiensi waktu. Dan juga meminimalisir pengeluaranmu untuk sewa penginapan pada malam hari.

20.  Belajar sebuah keterampilan baru bersama-sama
Belajar keterampilan baru bersama-sama bisa menjadi moment yang paling berkesan. Karena dari hal tersebut, kamu bisa saling sharing dan berimprovisasi untuk menghangatkan suasana.

21.  Kondisikan perjalananmu sesuai dengan kemampuan anak
Kemampuan anakmu dengan dirimu pasti berbeda. Jangan memaksakan kehendak atau menyapakan kemampuan mereka untuk menyamai dirimu. Cobalah mengerti, dan kondisikan perjalanan tersebut sesuai dengan kemampuan anakmu.

22.  Tips saat terbang bersama anak
a.      Cobalah ganti pakaian bayimu saat dalam perjalanan panjang ketika saat sedang terbang dipesawat. Hal tersebut agar bayimu tetap nyaman.
b.      Berikan bayimu sebotol susu, atau susui bayimu ketika sedang mendarat atau lepas landas. Hal tersebut akan membantu mengurangi tekanan udara dikabin terhadap telinga mereka.
c.       Perlakukan bayimu layaknya dirumah. Berikan mereka mainan yang mereka sukai, dengar musik dsb. Hal tersebut agar bayimu tak cepat rewel.
d.      Check in online dan pilih kursi sesukamu akan lebih efisien waktu dari pada kamu harus menunggu lama untuk checkin di bandara.

       23.  Berusahal terbuka saat perjalanan
Jangan terlalu tertutup terhadap hal yang baru. Bukalah pikiranmu dan coba untuk menerima hal-hal baru. Dengan bersifat demikian, yakinlah kamu akan menemukan banyak pengalaman baru.

24.  Perkirakan hal-hal yang tak terduga
Banyak hal-hal yang tak terduga akan terjadi ketika kamu berpergian dengan anak-anakmu. Jika kamu tidak memperkirakan hal tersebut, bisa jadi itu akan mengganggu liburanmu ataupun mood-mu. Oleh karena itu, perkirakanlah hal-hal yang tak terduga.

25.  Posisikan dirimu seperti anakmu
Sekali lagi, jangan pernah samakan dirimu dengan anakmu. Cobalah mengerti mereka. Jangan terlalu egois. Posisikan dirimu adalah sebagai anakmu, demi kenyamanan bersama.

26.  Jagalah anak-anakmu, jangan sampai lengah!
Ini adalah hal terpenting. Jangan sampai kamu kehilangan anakmu! Jangan lengah!

27.  Nikmatilah liburanmu
Berusahalah menjadi oran tua yang bijak. Kamu perlu banyak mengalah, bersabar dan berusaha lebih keras karena ujung tombak liburan kalian ada pada dirimu sebagai orang tua. Jaga emosi, jaga mood, selalu bersabar agar liburanmu tetap berkesan. Dan yang jelas apapun keadaannya, nikmatilah liburanmu.

Bagaimana? Sudah siap liburan bersama anak-anakmu? sudah siap untuk senang-senang?

Terakhir, HAPPY HOLIDAY ALL!

referensi:



Baca juga:

Comments

Popular

Asiknya Mandi di Air Terjun Sando, Lubuklinggau, Sumatera Selatan

Lidah Mertua: Kumpulan Puisi yang Sangat Menggugah Hati

TERUSKAN SAJA SEMAUMU HINGGA USAI

OPPO Service Center Lubuklinggau Siap Melayani Kamu

Puisi Resah Sang Pencari Kerja