9 Tips Menjadi Orang Kreatif

www.freepik.com
Anda tentu masih ingat dengan Steve Jobs yang berhasil mempopulerkan Apple, produk gadget paling diminati saat ini. Karena kreatifitasnya, beliau berhasil menjadi orang yang sangat dikagumi dan mendapat uang yang sangat banyak dari hasil kreatifitasnya. 

Nah, sebenarnya semua orang bisa menjadi orang yang kreatif bila mereka mau mencoba dan berusaha termasuk anda. Kalau anda ingin mengikuti jejak Steve Jobs atau orang-orang kreatif lainnya, berikut ini ada beberapa tips yang dapat anda biasakan agar menjadi orang yang kreatif;

1. Lakukan sesuatu yang berbeda

Melakukan pekerjaan yang sama secara terus menerus lama kelamaan akan membuat anda merasa jenuh pada pekerjaan itu. Tidak hanya jenuh, selain itu ilmu pengetahuan yang ketrampilan yang anda miliki hanya akan terbatas pada pekerjaan itu saja. Jadi, bila anda ingin meningkatkan kreativitas anda harus berani untuk mengerjakan hal-hal yang belum pernah atau jarang anda lakukan sebelumnya.

2. Berkomunikasi dengan banyak orang

Mungkin anda akan bingung dengan hubungannya kreativitas dengan berkomunikasi dengan banyak orang. Jadi, tanpa anda sadari ketika anda berkomunikasi dengan banyak orang, seringkali memunculkan ide-ide yang tidak pernah anda bayangkan sebelumnya. Terdengar simple namun sebetulnya sangat efektif bila dipraktekkan.

3. Banyak membaca

Dengan intensitas membaca yang tinggi, tentu saja akan meningkatkan pengetahuan anda terhadap berbagai macam hal. Contohnya dengan membaca buku-buku non fiksi, majalah, Koran, ataupun e-book sangat bermanfaat untuk memperluas pengetahuan anda terhadap suatu hal

4. Menyediakan waktu untuk sendiri

Suasana dan tempat yang tenang akan membuat anda lebih rileks sehingga mampu untuk berfikir dan berkonsentrasi untuk menemukan ide-ide baru.

5. Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi

Saat anda membangun ketrampilan dan kreativitas anda, maka anda akan memiliki rasa ingin tahu yang kuat terhadap segala sesuatu. Pertanyaan “mengapa” dan “bagaimana” adalah dua pertanyaan yang akan membawa anda pada jawaban-jawaban yang akan meningkatkan kreativitas anda. Lama kelamaan anda dapat menghasilkan atau menemukan sesuatu yang baru.

Contoh figure terkenal yang memiliki sifat ini adalah Sir Issac Newton, yang menemukan hokum gravitasi karena keingintahiannya setelah melihat buah apel jatuh dari pohon.

6. Menuliskan ide-ide

Biasakanlah untuk membawa notes dan pen kemanapun anda pergi karena itu akan membantu melatih kreatifitas anda. Karena ketika kapan saja ide anda muncul karena melihat atau mendengan sesuatu, anda dapat langsung menuliskannya sehingga tidak akan lupa.

7. Mengamati orang lain

Kreativitas ternyata juga dapat dibangun dengan mempelajari apa yang dilakukan oleh orang lain. Dari situ anda dapat memperoleh inspirasi dan ide untuk membuat karya anda sendiri.

8. Tantang diri anda sendiri

Untuk berkembang menjadi lebih baikm anda harus keluar dari zona aman dan siapkan time table dalam periode waktu tertentu untuk mencapai sesuatu. Sehingga anda akan termotivasi untunk meraih apa yang sudah anda rencanakan.

9. Luangkan waktu untuk istirahat dan rileksasi. 



Sumber: Ardi Gunawan & Tim OSB


www.freepik.com



Comments

Popular

Puisi Resah Sang Pencari Kerja

Potret Wisata Air Terjun Watervang, Lubuklinggau, Sumatera Selatan, 2017: Terlihat Sangat Alami

Lima Fakta yang Wajib Kamu ketahui Mengenai Kupu-kupu Gajah (Attacus atlas)

Lidah Mertua: Kumpulan Puisi yang Sangat Menggugah Hati

Bukit Sulap dan Hikayat Putri yang Hilang